Indonesia Search Engine

Friday, September 30, 2011

GEO POLITIK

            Kesultanan Banten yang memerintah dari tahun 1525 hingga tahun 1813  berkembang pesat dan terkenal di manca negara, antara lain disebabkan telah menguasai geo politik. Begitu penting letak posisi Banten dengan Selat Sundanya yang strategis mengakibatkan banyak negara asing melirik ke daerah ini.
            Sebab itu tak heran kenapa Demak masa itu mengutus Faletehan untuk menguasai Banten. Tak lain agar mudah menyerang Sunda Kelapa yang masa itu telah diduduki Portugis. Penguasaan geo politik dan strategi perang yang dilakukan Demak berdasarkan pengalaman ketika gagal menyerang Malaka pada masa pemerintahan Dipati Unus.
            Selat Malaka dan Selat Sunda sejak jaman dahulu merupakan jalur sutera bagi pedagang manca negara yang mencari rempah-rempah ke nusantara ini. Setelah Selat Malaka dikuasai Portugis, bangsa Eropa dan Timur Tengah berlayar dengan armadanya ke Banten lewat jalur Selat Sunda.
            Demikian pula sejarah mencatat sebelum Belanda menyerang dan menduduki Sunda Kelapa, Banten menjadi pijakan pertama untuk menguasai Pulau Jawa. Kapal dagang Belanda dipimpin Cornelis de Houtman mendarat di Banten tahun 1596. Dan dua tahun kemudian baru menguasai Sunda Kelapa, lalu membangun Batavia.
            Demikian pula dengan bala tentara Jepang dalam perang semesta menguasai Asia Raya. Pertama menjajah Indonesia lewat daerah Banten dan pulau Sanghyang di Selat Sunda ditetapkan menjadi pangkalan militernya. Dengan menguasai Selat Malaka dan Selat Sunda berarti telah menguasai Asia.
By: Andri Priana

No comments:

Post a Comment

berita nusantara

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...